Cara Memelihara Hewan Purba reptil dan Perkembangan biakan dengan baik

Wartapers.com

 




Sampang , || wartapers.com _ Iguana Adalah hewan reptil purba yang, Iguana juga marga kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Kadal-kadal ini dideskripsikan pertama kali oleh seorang ahli hewan yang berasal dari Austria,

Josephus Nicolaus pada tahun 1768. Kamis, 12/05/2022.



Hewan kadal ini hidup berindividu, dan bisa hidup dalam 2 lingkungan Darat maupun di air, dalam bahasa latinnya ( jugyg), Iguana Ini juga hewan yang di gemari oleh semua kalangan masyarakat karna masa perawatannya sangat amat mudah, 

hewan tersebut jenis hewan ( herbivora) pemakan sayuran, buah dan tumbuhan. 



Dalam perkembangan biakan hewan reptil ini di perlukan untuk breeding iguana yang pasti tentukan dulu jantan dan betina terlebih dahulu Idealnya untuk pejantan pada iguana dari segi umur 2 tahun sudah siap untuk ukuran jantan.


Saat di jelaskan narasumber tim reptil Madura asal kota Sampang sontak pun bercerita cara melestarikan hewan reptil tersebut agar tidak punah.


" Biasanya saya pakai jantan yg sudah berukuran 1 meter lebih, untuk betina sendiri idealnya kalo bisa umur sdah 3 tahun lebih dan punya postur badan skitaran 120 cm. Untuk perbandingan jantan dan betinanya saya sendiri pakai satu jantan dan dua betina atau 1 : 2, untuk dari segi kandang sendiri saya pakai kandang umbaran dengan ukuran 300×150×200 cm yg mana di dalam kandang tersebut sudah tersedia bak air untuk minum si iguana dan bak pasir jika nanti iguana sudah siap bertelur. " Tandasnya.





 Lanjut " Untuk dari segi pakan sendiri seperti iguana pada umumnya iguana yg saya pelihara disini sering saya kasih pakan sayur-sayuran misalnya kecambah, sawi, paling sering sih kangkunga haha karna murah, untuk buah sendiri paling sering buau pepaya karna pepaya dsini selain mudah di dapat di pasar terdekat juga punya kasiat sendiri untuk pencernaan iguana. Biasanya menjelang musim kawin atau musim berkembang biak pada hewan satu ini punya ciri khas tersendiri mulai dari fisik dan karakternya." Jelas Udik 


Untuk mengetahui jenis kelamin reptil ini kita bisa melihat sendiri ciri-ciri fisik di bagian paha kaki belakang bagian bawah akan ada tonjolan-tonjolan kecil seperti biji beras berwarna putih yg di sebut (femoral ) dan pada benjolan seperti bengkak di bagian antara lubang anus dan pangkal ekor atau biasa disebut (hemi penis), dari segi karakter untuk pejantan iguana akan cenderung agresif fan teritorial terlebih jika ada pejantan lain entah dalam satu kandang atau di sekitaran tempat breeding, memasuki musim kawin pada iguana jantan yang birahi cenderung mengurangi porsi makannya terkadang juga mogok makan. Untuk betinanya sendiri bisanya kalau dari segi fisik cenderung ke arah makin menggemuknya badan terutama bagian perut karna porsi makannya bertambah, untuk dari segi karakter betina lebih cenderung ke anteng, biasanya untuk betina yg lagi birahi jika kita elus bagian pangkal ekornya kebanyakan akan mengangkat pangkal ekornya tersebut itu biasanya menandakan si betina siap di kawin atau di buahi sama si pejantan.



Untuk musim kawin pada iguana sendiri khususnya di indonesia yang punya iklim tropis biasanya terjadi di bulan april sampai bulan agustus. Tapi kadang ada juga iguana yg kawinnya di akhir tahun tergantung dari cuacanya sendiri.



" Iguana ini sangat mudah untuk kita pelihara , banyak di kota besar yang peminat nya begitu banyak , apalagi saat ada kontes ,iguana juga bisa ikut kontes dan dilihat dari segi kuantitas warna dan corak pada reptil lucu ini, Bukan di Luar kota saja breding ( perkembangbiakan) ini terjadi di pulau Madura saja ada peternakan Iguana tersebut, seperti di Sampang sendiri ada, pamekasan dan Sumenep, dan untuk harga baby iguana itu berfariasi tergantung jenis dan ukurannya. Tutup nya. 


Redaksi

Posting Komentar