Guna Tajamkan Kepekaan, DPC GMNI Bangka Belitung Ansos di Simpang Teritip

Anonim

 


DPC GMNI Bangka Belitung lalukan analisis sosial di Kecamatan Simpang Teritip


BELITUNG||WARTAPERS.COM - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan Analisis Sosial (Ansos) di Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat dimulai dari tanggal 25 Mei 2023 hingga 28 Mei 2023.


Kegiatan anailisi sosial itu, guna mengasah kepedaan kader GMNI terhadap persoalan-persolan yang terjadi di masyarakat. 


Pasar Kolpajung Dibangun, Menkopolhukam Sanjung Perjuangan Bupati Baddrut Tamam


kata Ketua DPC GMNI Babel, Heri Alamsyah mengatakan, Kegiatan Ansos merupakan rangkaian terakhir dari Sekolah Marhaen DPC GMNI Babel. Dalam kegiatan itu, fokus pada metode bagi kader GMNI dalam memahami dinamika bermasyarakat. 


"Sesuai dengan dasar perjuangan GMNI, yaitu berjuang untuk rakyat dan berjuang bersama rakyat. Maka sebagai kader GMNI yang berwatak kerakyatan, penting untuk kader GMNI untuk turun bermasyarakat dan memahami persoalan-persoalan rakyat di desa," ujarnya. 


Menurut Heri Alamsyah, kemampuan Ansos penting untuk dimiliki kader GMNI. Sebab, selain turun bermasyarakat, Kader GMNI juga harus bisa memahami dinamika yang ada dimasyarakat. 


"Melalui analisi sosial, Kader GMNI belajar melakukan pemetaan sosial yang ada di desa dan menumbuhkan kepekaan terhadap potensi sosial di desa," ungakpanya. 


Demikian kedepannya, memetakan persoalan, potensi, hingga terjaminnya partisipasi rakyat dalam pembangunan desa yang berkelanjutan, dan pemberdayaan masyarakat melalui potensi yang dimiliki desa juga dipastikan akan dilakukan oleh Kadernya itu. 


Lantaran Dilecehkan, IWO Situbondo Ancam Somasi Oknum Pengelola Beach Forest


Dipaparkan Heri Alamsyah, hasil dari Ansos Kader GMNI Babel, Kader bisa menjadi rekomendasi kebijakan yang baik untuk pemerintah setempat.


"Harus ada hasil yang bisa dipersentasikan oleh kader GMNI, agar dapat diaudiensikan kepada pemerintah daerah. Sehingga keberadaan kader di Kecamatan Simpang Teritip dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat," pungkasnya.


Reporter: Hendy

Editor: Aus

Posting Komentar