Pramuka Penggalang SMP St. Pius X Lewoleba, Kabupaten Lembata Menorehkan Prestasi Gemilang dalam Lomba Tingkat Nasional

Anonim

Pramuka Penggalang SMP St. Pius X Lewoleba, Kabupaten Lembata Menorehkan Prestasi Gemilang dalam Lomba Tingkat Nasional





LEMBATA||WARTAPERS.COM - Delapan anak pramuka tingkat penggalang dari Gugus Depan SMP St. Pius X Lewoleba, Kabupaten Lembata, mencatat prestasi gemilang dengan meraih kejuaraan pada ajang Lomba Tingkat V kegiatan Pramuka di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta. Lomba ini berlangsung dari 17 hingga 24 Juni, dan menjadi puncak dari serangkaian kompetisi pramuka tingkat regional hingga nasional.



Dalam perjalanan menuju kejuaraan tingkat V ini, para pramuka penggalang dari SMP St. Pius X Lewoleba telah melewati berbagai tahapan persaingan. Mereka berhasil mengalahkan pesaing-pesaing tangguh dari Kwarcab se-Provinsi Nusa Tenggara Timur, seperti TTS, Ngada, dan Sikka, yang telah menjadi lawan mereka dalam Lomba Tingkat IV di Kupang.



Para pramuka penggalang tersebut menunjukkan inovasi yang luar biasa dengan menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pramuka dengan keahlian dalam mengelola citra mereka. Hal ini terbukti dengan keberhasilan dalam berbagai perlombaan yang mencakup berbagai bidang, mulai dari administrasi, karya tangan, obat-obatan tradisional, koding, peking, semboyan dan syarat, menaksir, sketsa panorama, peta atau kompas, hingga pionering, masak rimba, dan panjat dinding. Mereka juga berkompetisi dalam bidang olahraga, seperti memanah, renang, dan P3K, serta bidang keahlian lainnya, seperti pidato, baris berbaris, senam pramuka, melukis, reportase, dan robotik.



Kamabigus SMP St. Pius X Lewoleba, Sr. Mary Grace,CB,S.Pd menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi gemilang yang telah diraih oleh kedelapan pramuka penggalang tersebut. Menurutnya, prestasi ini tidak hanya membanggakan nama St. Pius sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga memperkuat eksistensi Pramuka NTT secara nasional. Ia berharap bahwa prestasi ini akan menjadi pengalaman berharga dan mendorong mereka untuk terus berkembang dan tampil lebih baik di masa depan.





Sr. Mary Grace, CB,S.Pd juga memberikan penghargaan kepada Kwarcab Lembata dan para pembina yang telah mendukung dan membimbing para pramuka penggalang ini dengan baik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kwarcab Lembata yg telah memberikan kepercayaan kepada Gudep St.pius unt mengikuti lomba LT tingkat IV dan Tingkat V di Cibubur Jakarta Timur.dan trimakasih kepada yayasan Maria Bintang samudra yang telah memberikan dukungan finansial dalam persiapan memenuhi semua kebutuhan peserta.



Prestasi yang diraih oleh Gugus Depan SMP St. Pius X Lewoleba ini melebihi prediksi sebelumnya yang hanya memperkirakan keberhasilan mereka hingga tingkat provinsi. Namun, prestasi gemilang ini membuktikan bahwa Gugus Depan St. Pius X memiliki potensi yang luar biasa. Mereka mampu menampilkan bakat tersembunyi mereka seperti mahkota yang berkilauan.



Pembina Pramuka, Eman Lamapaha, menjelaskan bahwa prestasi ini tidak hanya karena kegigihan anak-anak dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kurikulum K13, tetapi juga karena mereka secara mandiri mampu mengembangkan kemampuan mereka melalui berbagai tahapan kompetisi. Hal ini merupakan bukti dari dedikasi dan kerja keras mereka dalam mengasah keterampilan pramuka.



Imo Wulakada, mewakili orang tua saat acara penerimaan, menyatakan pendekatan semi militer yang diterapkan dalam pramuka membantu anak-anak mencapai hasil yang maksimal, dan ia pun tidak menyangka bahwa Gugus Depan St. Pius berhasil mengalahkan perwakilan dari kabupaten TTU, Sikka, dan Ngada.



Sebagai anggota DPRD Lembata, Imo Wulakada juga berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Lembata mengalokasikan dana untuk mendukung kepentingan organisasi Pramuka. Menurutnya, Pramuka memiliki peran penting dalam pembinaan generasi muda, dan dukungan finansial dari pemerintah akan memperkuat eksistensi dan pengembangan Pramuka di daerah tersebut.



Penjabat Sementara (Pjs.) Kwarcab Lembata, Irenius Suciadi, juga menyatakan kebanggaannya atas prestasi gemilang yang diraih oleh Gugus Depan SMP St. Pius X Lewoleba. Ia mengungkapkan dukungannya terhadap organisasi Pramuka di Kabupaten Lembata dan berharap prestasi ini akan menjadi motivasi bagi pramuka-pramuka lainnya untuk terus berprestasi.



Prestasi yang diraih oleh Gugus Depan SMP St. Pius X Lewoleba ini merupakan bukti nyata dari semangat, dedikasi, dan bakat yang dimiliki oleh para pramuka penggalang. Mereka telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Lembata serta Provinsi NTT di kancah nasional. Prestasi ini juga menjadi inspirasi bagi seluruh anggota Pramuka untuk terus berjuang dan mengembangkan diri dalam upaya mencapai keunggulan dalam berbagai bidang. Diharapkan, pemerintah daerah dan masyarakat akan semakin memberikan perhatian dan dukungan serius kepada organisasi.



Pewarta : Sultan Sabatani

Editor: Red

Posting Komentar