Postingan

TINGKATKAN SKILL SDM, LAPAS TANJUNGPANDAN BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Wartapers.com

 TINGKATKAN SKILL SDM, LAPAS TANJUNGPANDAN BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA




Belitung,|| wartapers.com - Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel terus berinovasi dalam melakukan program pembinaan kemandirian WBP. Kali ini, inovasi yang tengah dikembangkan yakni budidaya Perkebunan dengan Penanaman Pepaya California.


Kasi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melalui Kasubsi Kegiatan Kerja Riski, menyampaikan bahwa budidaya ini pertama kali dikembangkan pada awal tahun lalu. Program Pembinaan baik Kepribadian maupun Kemandirian yang terus diberikan sampai dengan saat ini, Warga Binaan yang ada terus diajarkan dan diarahkan untuk bisa inovatif. Sebelumnya kita melaksanakan kegiatan Pelatahian Kemandirian Pertanian Dasar Bersama BLK Belitung. Dari kegiatan tersebut, kita aplikasikan di lapangan dengan menanam Pepaya Varites California dengan memanfaatkan lahan kosong yang awalnya gersang. Sempat gagal, tetapi kita coba terus dan Alhamdulillah akhinrya kita menemukan solusinya, jelas riski


“Bibit pepaya jenis california kami pilih karena relatif banyak peminatnya di pasaran. 

Terkait target panen, ditargetkan dua bulan ke depan sudah dapat dilakukan panen. Dimana hasilnya akan di jual dan akan dibagi untuk operasional pembelian bibit kembali, pemberian upah bagi warga binaan dan setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada negara. 


Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana, A.Md.IP, SH,  MM menjelaskan komitmen jajarannya dalam berinovasi melalui 3 Kunci Pemasyarakatan Maju. Pembinaan Kepribadian maupun Kemandirian terus dijalankan oelh jajarannya dengan bersiner Bersama berbagai pihak. Membangun Situasi Kamtib yang kondusif di Lapas ini memang memiliki keterkaitan antara Pengamanan dan Pembinaan. Ketika Pembinaan ini kita jalankan secara terstruktur dan berkelanjutan, setidaknya mampu membunuh kejenuhan rekan – rekan WBP. Selain itu ini menjadi suatu kebanggaan bahwa dari balik tembok Lapas rekan – rekan WBP turut ambil bagian memberikan kontribusi PNBP bagi Negara, Jelas Mahendra.



Pewarta: Hendy


Posting Komentar