Postingan

Wajah Baru Layanan Kesehatan Puskesmas Waipukang, Kegiatan UKM

Wartapers.com

Wajah Baru Layanan Kesehatan Puskesmas Waipukang, Kegiatan UKM



LEMBATA||WARTAPERS.COM - Kepala Puskesmas Waipukang, Darius Baki Akamaking, SKM, telah menggagas sebuah model baru yang inovatif dan terintegrasi dalam melayani masyarakat terkait kesehatan di wilayah kerjanya. 



Kolaborasi tersebut dilakukan bersama Pemerintah Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, dengan tujuan menyederhanakan sistem layanan kesehatan terhadap masyarakat.


Panitia Pelaksana Rakernas I PJS lakukan Rakor Persiapan Rakernas


Demikian program itu, dilaksanakan Kapus Darius sejak menjabat sebagai Kepala Puskesmas sebulan yang lalu. Ia tidak ragu untuk menyuntikkan semangat baru, melalui kerjasama yang melibatkan program dan kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).



Untuk mewujudkan inovasi itu, Kapus Darius melibatkan semua tenaga kesehatan. Selain itu, semua pemangku kepentingan seperti Pemerintah Desa dan kader kesehatan di 17 desa di Ile Ape juga ikut terlibat dalam program tersebut.



Program inovatif itu telah diimplementasikan di empat desa. Kemudian kegiatan itu, mendapatkan respons positif dari masyarakat, lantaran Darius terus melanjutkan perjalanan dari satu desa ke desa lainnya.



Pada Selasa (13/06/2023), Darius dan timnya melaksanakan kegiatan serupa di Desa Riangbao, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. 



Dengan diramaikan program inovatif terintegrasi dalam bidang pelayanan kesehatan, setelah sebelumnya dilaksanakan di empat desa, program tersebut diinisiasi oleh seorang pemimpin yang visioner dan bersemangat, yaitu beranam Darius Baki Akamaking, orang ini familiar dengan sapaan Darko.



Terkait Bung Darko ini, merupakan seorang tenaga kesehatan yang berdedikasi memiliki visi untuk menghadirkan perubahan yang signifikan dalam dunia pelayanan kesehatan. 



Dengan tekad kuat dan semangat yang membara, ia melibatkan semua pemangku kepentingan terkait, untuk menciptakan sistem yang tangguh dan terpadu, yang berawal dari kesadaran dirinya, bahwa sistem layanan kesehatan yang rumit seringkali membingungkan masyarakat. 


Oleh karena itu, ia memutuskan untuk menyederhanakan proses dengan menggabungkan program dan kegiatan UKM menjadi satu kesatuan yang tangguh dengan menggunakan filosofi 'Sebiji Jagung Menjadi Banyak Jagung', dimana seluruh kader kesehatan di desa diundang untuk bekerja bersama secara sinergis.


Jumlah Pemilih dari Napi Rutan Klas IIB Sampang Belum Pasti, ini Kendalanya


Pegiat literasi yang saat ini dipercayakan menahkodai Puskesmas Waipukang ini mengatakan, melalui program tersebut berbagai tenaga kesehatan yang berbeda bergabung dalam tim yang komprehensif untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik. Yakni, mulai dari pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan, hingga lingkar perut, serta pemeriksaan STBM, Posyandu bayi, balita, Posyandu Remaja yang sebelum dilaksanakan dimulai dengan olahraga senam. 



Bahkan, program integrasi terpadu itu juga mewajibkan tenaga kesehatan untuk memberikan konsultasi kesehatan, pemeriksaan gula darah, dan pengobatan yang diperlukan. 



Dalam melaksanakan tugasnya, kepala Puskesmas Waipukang ini senantiasa menjunjung tinggi prinsip hati-hati dan cermat, sesuai dengan pepatah 'Sekali air di atas, sekali mata jangan sampai celaka'.



Maka dari itu, tidaklah heran jika masyarakat Desa Riangbao memberikan respon positif terhadap program tersebut. Masyarakat di wilayah Yurisdiksi itu, merasa terbantu dan dihargai dengan adanya program yang memperhatikan semua aspek kesehatan. 



Program ini pun benar-benar telah membuahkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, sesuai dengan ungkapan 'Banyak anak laba-laba dijalin menjadi jaring, kuat tak terkira'.



Menurut Darius, kesuksesan program itu juga tidak lepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata. Seperti pepatah yang mengatakan, "Air tenang menghanyutkan pohon dan batu," dukungan ini menjadi dorongan bagi Darius dan timnya untuk terus melangkah maju dan mewujudkan perubahan yang lebih besar bagi seluruh wilayah tersebut.



Program inovatif integrasi itu telah membuktikan keberhasilannya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan semangat 'Go Serve and Empower With Care,' Darius dan timnya tidak berhenti hanya pada Desa Riangbao.



Saat ini Darius berkomitmen, untuk terus bekerja keras dan memperluas program ini ke desa-desa lain di Kecamatan Ile Ape. 



Pewarta: Sultan Sabatani

Editor: Aryo Helap 


Posting Komentar